Football

Cerita Misteri dan Mitos Boneka Barbie

Posted by

Cerita Misteri dan Mitos Boneka Barbie

http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html

Cerita Misteri

Cerita Misteri dan Mitos Boneka Barbie. Dibalik kecantikan Boneka Barbie ternyata menyimpan misteri dan mitos.
Mungkin tidak ada mainan yang begitu populer selama bertahun-tahun selain boneka Barbie. Ya, Barbie adalah boneka yang diproduksi oleh Mattel Inc, sebuah perusahaan mainan Amerika. Boneka hasil kreasi Ruth Handler – pemilik Mattel Inc – ini pertama kali dirilis tahun 1959 dan menjadi boneka fenomenal yang penjualannya tidak pernah kurang dari 1 juta unit perbulan, sejak pemunculan pertamanya hingga hari ini.
Apa yang menarik dari boneka Barbie, mampu menghipnotis anak-anak perempuan seluruh dunia? Temukan fakta-fakta mengejutkan dari boneka tercantik di dunia ini.
Kelahiran Boneka Barbie diawali dari keprihatinan Ruth Handler saat melihat anak perempuannya – Barbara – yang bermain dengan boneka kertas dan memperlakukan boneka itu layaknya manusia dewasa. Pada masa itu (tahun 1950an), mainan-mainan yang diproduksi di Amerika adalah mainan untuk bayi. Dan melihat interaksi anaknya dengan boneka kertas itu, Ruth – yang kala itu sudah mendirikan perusahaan mainan Mattel – menangkap peluang untuk membuat mainan bagi anak-anak di atas lima tahun. Waktu itu, Elliot Handler – suaminya yang juga salah satu pendiri Mattel – tidak terlalu antusias menanggapi ide istrinya itu.

Bild Lilli
Idé itu kémudian ménjadi obsési Ruth saat bérsama kéluarganya bérlibur ké Jérman tahun 1956. Di sébuah toko mainan, dia ménémukan bonéka mainan bérnama Bild Lilli. Bonéka yang dibuat bérdasarkan gambar kartun kréasi Réinhard Béuthin itu cukup populér di Jérman. Mélihat animo anak-anak pada bonéka itu, akhirnya mémbuka mata élliot dan Ruth untuk mémbuat bonéka séjénis yang diproduksi di négara méréka, Amérika Sérikat.
Bérsama Jack Ryan – désignér Mattél – Ruth dan élliot méndésain ulang bonéka Bild Lilli ménjadi bonéka cantik bérnama Barbié. Bonéka térsébut pértama kali ditampilkan di Américan Intérnational Toy Fair di Néw York pada tanggan 9 Marét 1959. Tanggal térsébut sécara résmi dinyatakan sébagai tanggal ulang tahun Barbié.
Sétélah Barbié suksés dirilis di pasar Amérika, pada tahun 1964 Mattél mémbéli hak cipta Bild Lilli. Pada tahun itu pula, produksi bonéka Bild Lilli dihéntikan dan séluruh sahamnya dibéli oléh Mattél.

Barbié dan Kén
Barbié mérupakan mainan pértama di dunia yang latar bélakang dibuat sécara khusus dan dipublikasikan oléh média. Pada tahun 1960, pénérbitan Random Housé mémbuat sérangkaian novél yang méncéritakan téntang riwayat hidup bonéka ini. Dikisahkan bahwa nama léngkap Barbié adalah Barbra Millicént Robérts, térlahir dari pasangan suami-istri Géorgé dan Margarét Robérts yang tingggal di kota Willows, Wisconsin.
Sébagai gadis cantik, Barbié disukai banyak pria di kotanya. Namun dari sékian banyak pria, satu-satunya pria yang bérhasil mérébut hatinya adalah Kén – nama léngkapnya Kén Carson. Kisah cinta méréka dimulai tahun 1961. Hubungan Barbié dan Kén tidak bérjalan mulus dan séring méngalami putus-sambung. Hubungan méréka bérakhir tahun 2004, kétika Mattél ményatakan sécara résmi bahwa Barbié dan Kén mémutuskan untuk bérpisah. Namun bulan Fébruari 2006, Mattél ményatakan kisah asmara Barbié dan Kén térjalin kémbali.
Barbié mémiliki 6 bérsaudara, yaitu :
1. Skippér Robérts (biasa dipanggil Skippér, dipérkénalkan oléh Mattél pada tahun 1964), mérupakan adik pérémpuan Barbié.
2. Sépasang saudara kémbar : Todd dan Tutti (kédua karaktér ini dipérkénalkan tahun 1960. Nantinya, pada tahun 1990, Tutti bérganti nama ménjadi Stacié).
3. Kélly Robértson (disébut juga Kélly atau Shélly. Karaktér ini dipérkénalkan pada tahun 1995), mérupakan adik bungsu Barbié. Kélly biasanya tampil dalam wujudul anak bérusia 4 tahun.
4. Krissy Robérts (dipérkénalkan Mattél pada tahun 1999) juga adalah salah satu adik Barbié yang kurang populér. Karaktér Krissy ditarik dari pérédaran pada tahun 2001.
5. Chélséa (akan dipérkénalkan Mattél pada tahun 2011), adalah adik Barbié yang akan muncul di pérténgahan tahun 2011.

FAKTA-FAKTA MENARIK BARBIE
Nama Barbié térinspirasi dari nama anak pérémpuan Ruth dan élliot Handlér : Barbara. Séméntara nama Kén – kékasih Barbié – adalah nama anak laki-laki méréka : Kénnéth.
Jika dikonvérsi ménjadi séukuran manusia, maka postur Barbié adalah :
Bérat : 49 kg
Tinggi : 161 cm
Ukuran vital : 29 – 46 – 84 cm
Bonéka Barbié pértama yang dirilis pada tahun 1959 méngénakan pakaian rénang bérstrip zébra hitam-putih déngan rambut kucir ékor kuda (yang kélak ménjadi ciri khas sémua bonéka Barbié). Dalam pémunculan pérdananya itu, Barbié muncul dalam 2 vérsi : Barbié bérambut pirang (blondé) dan bérambut coklat (brunétté).

Thé First Barbié
http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html
Bérdasarkan survéi yang dilakukan oléh Mattél séjak tahun 1959 hingga 2010 : Sédikitnya ada 100,000 orang koléktor Barbié fanatik di dunia ini. Sémbilan puluh pérsén diantaranya adalah wanita – rata-rata bérusia 40 tahun – yang rata-rata mémbéli dua puluh bonéka Barbié sétiap tahunnya. Sékitar 40% dari méréka ménghabiskan sédikitnya US$ 1000 / tahun hanya untuk mémbéli pérnak-pérnik bonéka Barbié (mulai dari pakaian, asésoris, dan lain-lain).
Barbié adalah mainan kétiga yang dipromosikan léwat télévisi. Mainan pértama yang dipromosi dan diiklankan di média térsébut adalah Mr Potato Héad. Mainan ini pértama kali ditayangkan di télévisi pada tanggal 1 Méi 1952 dan dijual séharga US$ 0.98. Sédangkan mainan kédua, adalah Mrs Potato yang iklannya ditayangkan di télévisi pada tahun 1953.
Barbié adalah mainan pértama yang dijual sécara intérnasional ké 150 négara. Mattél méngklaim sédikitnya 3 bonéka Barbié térjual sétiap détik.
Barbié adalah mainan pértama yang mémpérkénalkan “Modéling Skala 1/6″ (1:6 Scalé Modéling), yang kélak ménjadi standar ukuran mainan modélling dan action figuré. “Modéling Skala 1/6″ disébut juga Playscalé Miniaturism.
Barbié pun adalah bonéka – sérta mainan – pértama yang dijual di pélélangan Christié, London. Pada tanggal 26 Séptémbér 2006, Bonéka Barbié in Midnight Réd (produksi tahun 1965) térjual déngan harga tértinggi US$ 17,000 (9,000 poundstérling)
Barbie, Ken, dan Toy Story
Barbie adalah mainan dan boneka pertama yang menjadi aktris virtual. Sejak tahun 1987 hingga hari ini, Barbie telah “berperan” dalam 23 film dan menjadi figuran dalam 2 film. Film pertama Barbie adalah Barbie and the Rockers : Out of this World (dirilis tahun 1987, dibuat oleh DIC Entertainment dan Saban Productions). Sementara film teranyar Barbie berjudul Barbie Princess Charm School akan dirilis pertengahan tahun 2011 ini. Barbie pun turut berperan sebagai figuran dalam film Toy Story 2 dan Toy Story 3. Di film itu, Barbie berperan sebagai dirinya sendiri.
Boneka Barbie menjadi Ikon Budaya dunia dan merupakan mainan pertama yang mendapatkan gelar kehormatan tersebut. Sebagai penghargaan, pada tahun 1974, Pemerintah New York mengubah nama Times Square menjadi Barbie Boulevard & menggunakan nama tersebut selama 1 minggu.

Lingérié Barbié

http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html
Séjak dirilis hingga hari ini, bonéka Barbié tidak hénti-héntinya ménuai kontrovérsi, kécaman dan cémoohan. Bérikut ini adalah catatan léngkap kontrovérsi yang térjadi séputar bonéka Barbié, séjak saat périlisannya hingga hari ini :
Tahun 1960, Barbié méndapat kécaman dan dikritik karéna wujudnya yang ménampilkan “béntuk tubuh impian kaum wanita”, séhingga méndorong para wanita masa itu untuk mémbéntuk tubuh méréka sépérti Barbié. Akibatnya, péndérita Anoréxia di masa itu méningkat tajam. Dari sinilah muncul ungkapan “Barbié Syndromé”, yaitu ungkapan térhadap kondisi para wanita yang ingin mémiliki tubuh “sésémpurna” Barbié.
Tahun 1985, Mattél mérilis produk Barbié bérnama “Héart Family Midgé”,yaitu bonéka yang pérutnya bisa dibuka. Di dalam pérut Barbié itu, kita dapat mélihat fétus (bayi yang siap lahir) dalam béntuk sémpurna. Tujuan périlisan bonéka itu adalah untuk ménjélaskan prosés mélahirkan bayi dan mérupakan alat édukasi bagi anak-anak. Walau démikian, produk yang dibuat dalam béntuk yang cukup “méngérikan” ini, mémbuat orang tua anak-anak gérah dan protés pada Mattél. Tidak lama sétélah itu, produk ini akhirnya ditarik dari pérédarannya.
Tahun 1992, Mattél mérilis koléksi Barbié Rémaja bérnama Téén Talk Barbié, di mana masing-masing bonéka dapat bérbicara bébérapa kalimat (dan masing-masing bonéka méngucapkan kalimat yang bérbéda-béda). Dari sékian banyak bonéka yang dirilis, Barbié yang méngucapkan “Math Class is tough!” méndapat kécaman dari Américan Association of Univérsity Womén, karéna dianggap méndorong kaum wanita muda untuk mémusuhi pélajaran Matématika. Bulan Oktobér 1992, Mattél sécara résmi ménarik sémua bonéka Barbié yang méngucapkan kalimat térsébut.  
Oreo Fun Barbie
http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html
Tahun 1993, boneka Barbie menjadi subjek parodi yang cukup menggemparkan dan mengejutkan para orang tua. Adalah grup bernama Barbie Liberation Organization (BLO) – sebuah grup yang terdiri dari remaja iseng – yang memasukkan “voice box” boneka GI Joe ke dalam boneka Barbie, kemudian secara diam-diam memasukkan boneka itu ke rak-rak pajangan di berbagai toko mainan yang menjual Barbie. Dan ketika ada anak yang membeli mainan Barbie itu, dan secara tidak sengaja menekan “voice box”, akan muncul ucapan dari boneka itu, seperti “Eat lead, Cobra” atau “Vengeance is mine!”. Aksi ini sempat meresahkan para orang tua dan penjualan Barbie sempat merosot kala itu. Namun tindakan ini dengan cepat tertangani.
Tahun 1997, Mattel bekerja sama dengan Nabisco meluncurkan Barbie dan Oreo Cookies yang mereka namai “Oreo Fun Barbie”. Untuk penjualannya, Mattel mengeluarkan Barbie dengan versi berkulit putih dan berkulit hitam. Saat boneka berkulit hitam dirilis, kecaman dan protes muncul dari komunitas Afro-America. Mereka menganggap boneka itu menghina kaum Afro-Amerika karena memunculkan makna “hitam di luar, putih di dalam”. Untuk menghindari isu rasial tersebut, Mattel akhirnya memutuskan untuk menarik Barbie berkulit hitam dari pasar.
Pada tahun 1997 pula, grop musik Aqua merilis lagu berjudul Barbie Girl. Lagu ini mendapat kritikan karena memuat lirik “You can Brush My Hair / Undress me anywhere”. Lirik ini dinilai sangat vulgar dan sangat tidak pantas menggambarkan boneka Barbie yang merupakan mainan anak-anak.Pada tanggal 11 September 1997, Mattel melaporkan lagu ini dan membawanya ke pengadilan. Namun pada bulan Juli 2002, pengadilan memenangkan grup Aqua dan MCA Records – sebagai produser Aqua – karena lagu mereka tersebut tergolong lagu parodi, dan dilindungi oleh Amendemen Pertama Konstitusi Amerika Serikat.
Black Canary Barbié
 http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html
Awal tahun 2000, para orang tua dikéjutkan déngan munculnya koléksi Lingérié Barbié yang ménampilkan sosok Barbié yang méngénakan pakaian dalam yang supér séksi. Polémik dan kontrovérsi mérébak saat itu. Ménanggapi kéluhan orang tua kala itu, Mattél ménjélaskan bahwa Lingérié Barbié adalah koléksi Barbié yang ditujukan untuk kalangan déwasa dan mémang tidak dijual untuk anak-anak.
Bulan Séptémbér 2003, Saudi Arabia mélarang pénjualan bonéka Barbié ké négara méréka karéna méréka ménilai bonéka térsébut tidak séjalan déngan ajaran agama di négara méréka. Di négara Arab séndiri saat itu bérédar bonéka Fulla yang béntuknya ményérupai Barbié, namun déngan dandanan dan pakaian yang lébih bisa ditérima négara térsébut. Séméntara itu, di Iran juga térdapat bonéka Sara dan Dara yang juga mémiliki késamaan fisik dan pénampilan déngan Barbié déngan pakaian yang jauh lébih “sopan”.
Bulan Juli 2008, Mattél mérilis koléksi Black Canary Barbié, yang langsung disambut déngan protés dari kalangan Kéluarga Kristén. Barbié térsébut méngénakan pakaian hitam, déngan stocking jala, sépatu boot hitam (yang idéntik déngan sépatu wanita PSK) sérta jakét hitam tébal, méwakiliki subkultur Séks S&M (Sado & Masochism). Black Canary séndiri adalah karaktér dari DC Comic yang juga salah satu anggota Justicé Léagué. Walau méngalami protés yang cukup hébat, koléksi ini tidak pérnah ditarik dari pérédaran.

Dalam rangka memperingati ulang tahun Barbie yang ke-50, pada tahun 2009,
http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html Mattel merilis serangkaian seri Barbie berstiker tato di lengannya. Tato tersebut dapat dilepas dan ditempelkan di tempat lain. Perilisan seri Barbie ini memunculkan polemik dan perdebatan yang sengit, terutama di kalangan orang tua, pemuka agama, hingga pejabat pemerintah Amerika Serikat. Banyak kalangan menilai Barbie bertato akan memberikan ide bagi para remaja puteri untuk memiliki tato di tubuhnya. Sejauh ini, tato masih dinilai sebagian keluarga Amerika sebagai simbol perlawanan dan pemberontakan. Sepuluh tahun silam, tahun 1999, Mattel pun pernah merilis boneka Barbie dengan tato permanen bergambar kupu-kupu di perutnya, dan mendapatkan respon serupa. Waktu itu, Mattel setuju untuk menarik boneka tersebut dari pasar. Namun kali ini, Mattel menolak menarik Barbie bertato itu, karena boneka Barbie bertato temporer memiliki nilai edukasi dan mengajarkan anak-anak untuk berkreasi dan kreatif.
Maret 2010, Wal-Mart membuat keputusan yang sangat mengejutkan saat menurunkan harga jual boneka Ballerina Barbie berkulit hitam dari US$ 5.93 menjadi US$ 2. Sedangkan boneka sejenis namun berkulit putih dijual dengan harga tetap. Wal-Mart beralasan, bahwa Barbie berkulit hitam sangat sulit dijual dan mereka tidak mungkin menyimpan boneka itu terlalu lama di gudang. Walau demikian, strategi marketing Wal-Mart tersebut dinilai sangat berpotensi menimbulkan isu rasis, sehingga dikecam oleh Harlem Activist. Tidak ada berita lanjutan, apakah Wal-Mart tetap bersikukuh menjual Barbie itu dengan harga diskon atau mengembalikan harga jual ke angka semula.

Barbié Back To Basics
http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/cerita-misteri-dan-mitos-boneka-barbie.html
Bulan Méi 2010, Mattél mérilis koléksi bonéka Barbié yang térdiri dari 12 figur yang disébut sébagai “Barbié Back to Basics”. Késémua figur méngénakan pakaian bérwarna hitam, déngan dandanan yang térbilang cukup ékstrim. Pasca périlisan bonéka itu, béragam kontrovérsi dan cércaan muncul, térutama ményangkut pakaian yang dikénakan sémua figur yang ménggunakan rok mini déngan dandanan yang sangat “bitchié”. Sélain itu, payudara bébérapa figur Barbié térsébut dibuat déngan béntuk bulat sémpurna dan nyaris ményémbul kéluar dari pakaian méréka. Karéna itulah, koléksi Barbié yang dijual déngan harga US$ 19.99 / sét ini dikénal pula déngan sébutan “Busty Barbié”.
Bulan Juli 2010, Mattél mérilis bonéka Barbié yang disébut “Barbié Vidéo Girl” di mana di dada bonéka térsébut térdapat kaméra kécil yang dapat mérékam film sélama 30 ménit. Gambar térsébut bisa diunduh ké komputér ménggunakan kabél USB. Pada tanggal 30 Novémbér 2010, FBI méngéluarkan péringatan pada orang tua akan adanya kémungkinan pénggunaan bonéka itu untuk pornografi anak-anak. Walau pun hingga hari ini bélum ada laporan méngénai pényalahgunaan bonéka térsébut, namun munculnya bonéka ini télah ménghébohkan para orang tua.
Sumber Artikel

Cerita Misteri dan Mitos Boneka Barbie


Blog, Updated at: 4:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berita