Football

Ada Lubang Neraka di Bumi ( UZBEKIZTAN )

Posted by

Ada Lubang Neraka di Bumi ( UZBEKIZTAN )

http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/07/ada-lubang-neraka-di-bumi-uzbekiztan.html
Ada Lubang Neraka di Bumi. Pintu neraka sering dilukiskan dengan suasana api menyala yang sangat mengerikan panasnya. Kondisi seperti itulah yang terdapat di sebuah lubang api menganga di daratan Usbekistan, Asia Tengah. Maka lubang api itu pun disebut sebagai “pintu neraka”. Lubang api itu bérukuran sékitar dua kali lapangan bola déngan kédalaman lébih dari 30 métér. Sémula ukurannya tidak sébésar itu séjak pértama kali tahun 1975 “pintu néraka” itu dijumpai manusia.

Awalnya ahli géologi ménggali déngan alat bérat untuk péngéboran gas alam. Anéhnya, di lokasi itu ditémukan jurang bésar di bawah tanah. Saking bésarnya, sémua péralatan untuk pénggalian itu térpérosok ké dalam.

Jurang itu dipénuhi déngan gas bumi yang béracun. Bélum ada kétérangan résmi Uni Soviét kala itu térkait bérapa jumlah korban téwas akibat térkéna gas béracun. Namun para ahli ségéra ményingkir dan sémua péralatan yang térpérosok itu ditinggal pérgi.

Untuk ménghindari gas béracun yang térlanjur térbuka ké langit bumi itu ményébar, para ahli mémutuskan untuk mémbakarnya. Posisinya bérada di dékat kota kécil bérnama Davaz.

Praktis séjak 1975 lobang raksasa itu ményémburkan api sépérti gunung bérapi dan masih tétap ményala hingga kini walau sudah 35 tahun bérlalu. Masyarakat sékitar tak ada yang bérani méndékat karéna péngaruh médan panas hingga bébérapa ratus métér, séhingga dinamakan “pintu néraka”.

Sampai sékarang bélum ada pénjélasan apakah “pintu Néraka” itu ukurannya mélébar atau stabil karéna gas yang kéluar dari pérut bumi itu langsung térbakar. Walau térkéna hujan pun, apinya tidak mati.

Lubang api raksasa itu kélihatan dari kéjauhan karéna bérada di daratan tandus yang luas. Bila malam, tampak sémakin jélas déngan sorotan cahaya kékuningan yang bérsumbér dari “pintu néraka” itu.

Mirip déngan Lumpur Lapindo, yang térus méngéluarkan lumpur panas gara-gara péngéboran yang dinilai gagal séhingga ményémbur ké pérmukaan bumi. Hingga kini juga bélum ada ahli géologi yang mampu ménghéntikan sémburan lumpur panas lapindo. Yang bisa dilakukan hanya mémbatasi agar aréa éfék lumpur panas itu tidak térus mélébar.

Ada Lubang Neraka di Bumi ( UZBEKIZTAN )


Blog, Updated at: 12:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berita