Football

Kebaikan dan Keburukan Jokowi-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hata

Posted by

Kebaikan dan Keburukan Jokowi-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hata 

http://cuyexsputra.blogspot.com/2014/06/kebaikan-dan-keburukan-jokowi-jusuf.html

Pemilu 2014

Dua pasang capres cawapres bakal bertarung di Pilpres 2014. Pasangan Jokowi - Jusuf Kalla hari ini bakal deklarasi dan mendaftar ke KPU.

Sementara, pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa bakal deklarasi dan mendaftar ke KPU besok. Koordinator Peneliti Pusat Penelitian Politik Nasional Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Irine Gayatri menilai, dua pasang capres cawapres itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pasangan Jokowi-JK menurutnya memiliki kelebihan dari sisi elektabilitas. Selain itu, Jokowi tidak memiliki jejak Orde Baru.

"Kebijakan-kebijakannya (Jokowi saat jadi wali kota dan gubernur) populis atau berkaitan dengan yang diinginkan rakyat," kata Irine kepada merdeka.com, Senin (19/5).

Menurutnya, saat menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi berhasil merelokasi pedagang kecil tanpa menimbulkan konflik sedikitpun. Saat menjadi Gubernur DKI, Jokowi menyediakan berbagai fasilitas untuk rakyat kecil seperti Rusun dan Kampung Deret.

"Memang semuanya belum tuntas (kinerja Jokowi di DKI) tapi setidaknya sudah kelihatan hasilnya," katanya.

Namun yang menjadi kelemahan pasangan ini, menurutnya, cawapres Jokowi yakni Jusuf Kalla (JK) sudah sangat senior dari sisi usia.

"Pak JK harus manut kepada Presiden jika nanti terpilih. Dia kan Wapres, jangan seperti dulu ambil langkah sendiri," katanya.

Sementara, pasangan Prabowo-Hatta menurutnya juga memiliki kelebihan dari sisi popularitas. Sosok Prabowo memiliki popularitas yang tidak boleh disepelekan.

Selain itu, pasangan ini memiliki dukungan dari partai-partai Islam seperti PPP, PKS dan PAN yang dapat menarik massa Islam. Namun di sisi lain pasangan ini juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah nama Prabowo yang selama ini kerap dikait-kaitkan dengan kasus penculikan aktivis 1997-1998.

"Kalau Prabowo, saat dia masih jadi Kopassus ada kasus pelanggaran HAM yang belum tuntas dan itu warisan politik Orde Baru. Meski sudah belasan tahun masih membekas korban-korban masih menuntut keadilan," katanya.

"Jadi ada problem pada Prabowo. Hatta dari sisi ekonomi kita bisa lihat dia yang pro modal," katanya.

SUMBER 

Kebaikan dan Keburukan Jokowi-Jusuf Kala dan Prabowo Subianto-Hata



Blog, Updated at: 3:12 PM

0 komentar:

Post a Comment

Berita