Football

HASIL KONGRES PSSI PALANGKARAYA

Posted by

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) dan Federasi Sepakbola Asia (AFC) menghadiri Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Palangkaraya, Senin (10/12).

FIFA diwakili Marco Leal (Bagian Legal) dan Jeysing Muthiah (Asisten Perkembanga
n FIFA). Sedangkan AFC diwakili James Kitching sebagai Bidang Penyelesaian Konflik.

Segala keputusan kongres PSSI mengenai penyatuan liga, penegakkan statuta fifa, dan pengembalian empat Eksekutif Komite (Exco) telah dikantongi FIFA dan AFC. Selanjutnya, hasil kongres ini akan dibahas lebih lanjut pada rapat Exco FIFA di Tokyo, Jepang, Jumat (14/12).

Meski begitu Jeysing Muthiah enggan berkomentar apapun mengenai hasil rapat. Ia mengatakan, mereka datang hanya sebagai peninjau dan tidak diperkenankan untuk berkomentar apapun.

"Maaf kami tidak boleh berkomentar. Kami datang hanya untuk mengawasi," singkat Jeysing usai menghadiri kongres di salah satu hotel di Palangkaraya, Senin (10/12).

Jeysing beserta dua rekannya sudah datang sejak pukul sembilan pagi WIT. Mengenakan setelan formal, ketiganya terlihat santai untuk menyaksikan jalannya kongres.

Kongres PSSI di Palangkaraya ini memang menemui kendala karena tidak keluarnya izin dari Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah menyusul tidak adanya rekomendasi dari pejabat sementara Menpora Agung Laksono.

Polda Kalteng mengunci ruangan rapat hotel di lantai 2 yang sedianya digunakan untuk kongres. Akibat kondisi itu, kongres harus tertunda selama satu setengah jam dan baru selesai pukul 11 siang.

Kongres pun akhirnya digelar di lobi hotel. 97 voter yang hadir sempat berhamburan di dalam dan luar hotel sebelum akhirnya kongres dimulai pada pukul setengah sebelas siang.

Di tengah-tengah kondisi ini, perwakilan FIFA dan AFC terlihat mengabadikan momen-momen dimana para peserta kongres sedang berduduk-duduk ria di lobi hotel sambil menunggu kepastian pelaksanaan acara. FIFA juga tak ketinggalan merekam para peserta saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum kongres dimulai.

Usai acara, para peserta kongres mencoba mengambil kesempatan untuk meminta foto bersama dengan Jeysing, yang kebetulan masih berada di lobi setelah kongres selesai digelar.

Jeysing bersama para peserta pun sempat menyaksikan secara bersama pemberitaan media di televisi yang kebanyakan mengambil tema 'Kisruh PSSI'. Maklum, pada hari yang sama, Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) juga menggelar kongres di Jakarta.

Melihat pemberitaan tersebut, Jeysing tidak mengeluarkan mimik berarti. Pria sedikit bisa berbahasa Indonesia ini hanya melemparkan senyum, ketika sebuah media televisi menyiarkan pemberitaan pelaksanaan kongres KPSI di Jakarta.

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz mengklaim, FIFA dan AFC menyambut positif hasil kongres. Namun ia tidak mau berandai-andai mengenai keputusan FIFA untuk menjatuhkan sanksi.

"Yang jelas, FIFA dan AFC sudah melihat secara langsung bagaimana sulitnya kita melaksanakan kongres. Mengenai keputusan sanksi saya tidak bisa menjawab apa-apa. Itu hak mereka," ujar Halim.


Blog, Updated at: 11:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Berita